Selasa, 05 November 2013

Filled Under:

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )



PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
( KKM )

Þ    Criteria ketuntasan minimum ( KKM ) yaitu = tingkat pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran oleh siswa dalam satu mata pelajaran.
Þ    Nilai ketuntasan tersebut ( kognitif dan psikomotor ) dinyatankan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0-100.
Þ    Nilai ketuntasan minimum yang ideal adalah 75, namun sekolah dengan memperhatikan kondisi dapat menetapkan KKM dibawah 75, namun sekolah harus merencanakan target waktu tertentu untuk mencapai nilai ketuntasan belajar maksimum.
Þ    Nilai ketuntasan belajar minimum ditetapkan pada awal tahun pelajaran untuk setiap mata pelajaran dan dievaluasi ketercapaiannya pada setiap semester.
Þ    Penetapan KKM dilakukan oleh forum baik yang berada dilingkungan sekolah yang bersangkutan mapun dengan sekolah lain yang terdekat / kegiatan MGMP.
Þ    Penetapan standar KKM dilakukan melalui analisis standar ketuntasan minimum pada setiap KD.
Þ    Nilai minimum untuk setiap KD dimungkinkan adanya perbedaan dan penetapannya harus diperhatikan.

1.      Tingkat kemampuan ( intake ) rata-rata siswa pada sekolah yang bersangkutan. Tingkat kemampuan ini dapat diambil dari rata-rata nilai dalam buku rapor.
2.      Tingkat kompleksitas ( kesulitan dan kerumitan ) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa harus mengetahui sejumlah konsep atau prinsip atau kemempuan lainnya yang cukup banyak, maka KD tersebut dapat digolongkan kekomplekannya yang tinggi.
3.      Kemampuan sumber daya pendukung ( DD ) dalam penyelenggaraan pembelajaran pada masing-masing sekolah. Hal ini berkaitan dengan persediaan sarana dan prasarana belajar yang dibutuhkan siswa untuk mempelajari KD tersebut.
4.      Tingkat Esensial ( kepentingan ) KD
Tingkat keesensialan KD dilihat dari keterkaitannya dalam mempelajari materi kelanjutan ( materi selanjutnya ). Jika KD merupakan syarat mutlak untuk mempelajari KD selanjutnya maka dikaitkan KD tersebut sangat esensial.

TABEL ACUAN KRITERIA PENETAPAN KKM


Kriteria Penetapan SKBM
Taingkat Kriteria
Rentang Nilai
Ket
IS
Intake Siswa ( Kemampuan Yang Di Bawa Siswa )
Baik
75-100

Sedang
60-74

Kurang
50-59

K
Tingkat Kompleksitas
Kompleksitas Tinggi
50-59

Kompleksitas Sedang
60-74

Kompleksitas Rendah
75-100

DD
Daya Dukung ( Media )
Baik
75-100

Sedang
60-74

Kurang
50-59

E
Tingkat Esensial  (Keterpakaian )
Sangat Esensial
75-100

Cukup Esensial
60-74




PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
MATA PELAJARAN IPS

Sekolah                       : SMPS BUDI JAYA – BANGKO
Kelas / Semester         : VII/I

1.      Standar kompetensi = memahami lingkungan kehidupan manusia.
KOMPETENSI DASAR
IS
K
DD
R
1.1.Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan.
75
65
65
68,33
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
65
65
60
63,33
Rata-rata
65,83

2.      Standar kompetensi = memahami kehidupan sosial manusia
KOMPETENSI DASAR
IS
K
DD
R
2.1.Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.
75
70
60
68,33
2.2.Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
75
70
75
73,33
2.3.Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
75
70
75
73,33
2.4.Menguraikan proses interaksi sosial
60
60
60
60
Rata-rata
66,67

3.      Standar kompetensi = memahami usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan
KOMPETENSI DASAR
IS
K
DD
R
3.1.Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
60
60
60
60
3.2.Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kehidupan sehari-hari.
75
70
75
73,33
Rata-rata
68,67


Mengetahui                                                                 Bangko Permata,                                 2012
Kepala SMPS Budi Jaya-Bangko                                                     Guru Mata Pelajaran




SUDIRMAN, S.Ag                                                                           MARYUNI, S.Pd


Kelas / Semester         : VII/2

4.      Standar kompetensi = memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan
lingkungannya.
KOMPETENSI DASAR
IS
K
DD
R
4.1.Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
75
70
75
73,33
4.2.Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi.
60
60
60
60
4.3.Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk.
60
60
60
60
4.4.Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
75
70
60
68,33
Rata-rata
65,42

5.      Standar kompetensi = memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu Budha
sampai masa kolonial Eropa.
KOMPETENSI DASAR
IS
K
DD
R
5.1.Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu Budha serta peninggalan-peninggalannya.
60
65
60
61,66
5.2.Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya.
60
60
60
60
5.3.Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa.
70
65
60
65
Rata-rata
62,23

6.      Standar kompetensi = memahami kegiatan ekonomi masyarakat.
KOMPETENSI DASAR
IS
K
DD
R
6.1.Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
70
70
65
68,33
6.2.Mendeskripsikankegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang / jasa
75
70
75
73,33
6.3.Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
75
70
75
73,33
6.4.Menggunakan gagasan kreatif dalam tindak ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
60
65
60
61,66
Rata-rata
69,66


Mengetahui                                                                 Bangko Permata,                                 2012
Kepala SMPS Budi Jaya-Bangko                                                     Guru Mata Pelajaran




SUDIRMAN, S.Ag                                                                           MARYUNI, S.Pd


NILAI KKM BIDANG STUDI IPS KELAS VII
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Semester
Standar kompetensi
Rata-rata
1
1.      Memahami lingkungan kehidupan manusia
65,83
2.      Memahami kehidupan sosial manusia 
68,74
3.      Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
66,67
2
4.      Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
65,42
5.      Memahami perkembangan masyarakat sejak masa hindu-budha sampai masa kolonial Eropa
62,23
6.      Memahami kegiatan masyarakat.
69,16
Rata-rata
66,34
Jadi nilai KKM IPS kelas VII TP 2012/2013 = 66


Mengetahui                                                                 Bangko Permata,                                 2012
Kepala SMPS Budi Jaya-Bangko                                                     Guru Mata Pelajaran




SUDIRMAN, S.Ag                                                                           MARYUNI, S.Pd


0 komentar:

Posting Komentar

tulislah komentar yang baik, kalau kritik boleh untuk membangun blog

Copyright @ 2013 AGUNG_NET BLOG.