PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
(
KKM )
Þ Criteria
ketuntasan minimum ( KKM ) yaitu = tingkat pencapaian kompetensi dasar mata
pelajaran oleh siswa dalam satu mata pelajaran.
Þ Nilai
ketuntasan tersebut ( kognitif dan psikomotor ) dinyatankan dalam bentuk
bilangan bulat dengan rentang 0-100.
Þ Nilai
ketuntasan minimum yang ideal adalah 75, namun sekolah dengan memperhatikan
kondisi dapat menetapkan KKM dibawah 75, namun sekolah harus merencanakan
target waktu tertentu untuk mencapai nilai ketuntasan belajar maksimum.
Þ Nilai
ketuntasan belajar minimum ditetapkan pada awal tahun pelajaran untuk setiap
mata pelajaran dan dievaluasi ketercapaiannya pada setiap semester.
Þ Penetapan
KKM dilakukan oleh forum baik yang berada dilingkungan sekolah yang bersangkutan
mapun dengan sekolah lain yang terdekat / kegiatan MGMP.
Þ Penetapan
standar KKM dilakukan melalui analisis standar ketuntasan minimum pada setiap
KD.
Þ Nilai
minimum untuk setiap KD dimungkinkan adanya perbedaan dan penetapannya harus
diperhatikan.
1. Tingkat
kemampuan ( intake ) rata-rata siswa pada sekolah yang bersangkutan. Tingkat
kemampuan ini dapat diambil dari rata-rata nilai dalam buku rapor.
2. Tingkat
kompleksitas ( kesulitan dan kerumitan ) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh
siswa harus mengetahui sejumlah konsep atau prinsip atau kemempuan lainnya yang
cukup banyak, maka KD tersebut dapat digolongkan kekomplekannya yang tinggi.
3. Kemampuan
sumber daya pendukung ( DD ) dalam penyelenggaraan pembelajaran pada
masing-masing sekolah. Hal ini berkaitan dengan persediaan sarana dan prasarana
belajar yang dibutuhkan siswa untuk mempelajari KD tersebut.
4. Tingkat
Esensial ( kepentingan ) KD
Tingkat
keesensialan KD dilihat dari keterkaitannya dalam mempelajari materi kelanjutan
( materi selanjutnya ). Jika KD merupakan syarat mutlak untuk mempelajari KD
selanjutnya maka dikaitkan KD tersebut sangat esensial.
TABEL
ACUAN KRITERIA PENETAPAN KKM
Kriteria
Penetapan SKBM
|
Taingkat
Kriteria
|
Rentang
Nilai
|
Ket
|
|
IS
|
Intake Siswa (
Kemampuan Yang Di Bawa Siswa )
|
Baik
|
75-100
|
|
Sedang
|
60-74
|
|||
Kurang
|
50-59
|
|||
K
|
Tingkat Kompleksitas
|
Kompleksitas Tinggi
|
50-59
|
|
Kompleksitas Sedang
|
60-74
|
|||
Kompleksitas Rendah
|
75-100
|
|||
DD
|
Daya Dukung ( Media )
|
Baik
|
75-100
|
|
Sedang
|
60-74
|
|||
Kurang
|
50-59
|
|||
E
|
Tingkat Esensial (Keterpakaian )
|
Sangat Esensial
|
75-100
|
|
Cukup Esensial
|
60-74
|
PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
MATA PELAJARAN IPS
Sekolah
: SMPS BUDI JAYA –
BANGKO
Kelas
/ Semester : VII/I
1. Standar
kompetensi = memahami lingkungan kehidupan manusia.
KOMPETENSI
DASAR
|
IS
|
K
|
DD
|
R
|
1.1.Mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap
kehidupan.
|
75
|
65
|
65
|
68,33
|
1.2.Mendeskripsikan
kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
|
65
|
65
|
60
|
63,33
|
Rata-rata
|
65,83
|
2. Standar
kompetensi = memahami kehidupan sosial manusia
KOMPETENSI
DASAR
|
IS
|
K
|
DD
|
R
|
2.1.Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial.
|
75
|
70
|
60
|
68,33
|
2.2.Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
|
75
|
70
|
75
|
73,33
|
2.3.Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
75
|
70
|
75
|
73,33
|
2.4.Menguraikan
proses interaksi sosial
|
60
|
60
|
60
|
60
|
Rata-rata
|
66,67
|
3.
Standar
kompetensi = memahami usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan
KOMPETENSI
DASAR
|
IS
|
K
|
DD
|
R
|
3.1.Mendeskripsikan
manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi
kebutuhan.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
3.2.Mengidentifikasi
tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai
kehidupan sehari-hari.
|
75
|
70
|
75
|
73,33
|
Rata-rata
|
68,67
|
Mengetahui
Bangko
Permata, 2012
Kepala SMPS Budi Jaya-Bangko Guru
Mata Pelajaran
SUDIRMAN, S.Ag MARYUNI,
S.Pd
Kelas
/ Semester : VII/2
4.
Standar
kompetensi = memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan
lingkungannya.
KOMPETENSI
DASAR
|
IS
|
K
|
DD
|
R
|
4.1.Menggunakan
peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
|
75
|
70
|
75
|
73,33
|
4.2.Membuat sketsa
dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
4.3.Mendeskripsikan
kondisi geografis dan penduduk.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
4.4.Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan.
|
75
|
70
|
60
|
68,33
|
Rata-rata
|
65,42
|
5.
Standar
kompetensi = memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu Budha
sampai masa kolonial Eropa.
KOMPETENSI
DASAR
|
IS
|
K
|
DD
|
R
|
5.1.Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu Budha
serta peninggalan-peninggalannya.
|
60
|
65
|
60
|
61,66
|
5.2.Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa islam di
Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
5.3.Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial
Eropa.
|
70
|
65
|
60
|
65
|
Rata-rata
|
62,23
|
6.
Standar
kompetensi = memahami kegiatan ekonomi masyarakat.
KOMPETENSI
DASAR
|
IS
|
K
|
DD
|
R
|
6.1.Mendeskripsikan
pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola pemukiman
berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
|
70
|
70
|
65
|
68,33
|
6.2.Mendeskripsikankegiatan
pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang
/ jasa
|
75
|
70
|
75
|
73,33
|
6.3.Mendeskripsikan
peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses
produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
75
|
70
|
75
|
73,33
|
6.4.Menggunakan
gagasan kreatif dalam tindak ekonomi untuk mencapai kemandirian dan
kesejahteraan.
|
60
|
65
|
60
|
61,66
|
Rata-rata
|
69,66
|
Mengetahui
Bangko
Permata, 2012
Kepala SMPS Budi Jaya-Bangko Guru
Mata Pelajaran
SUDIRMAN, S.Ag MARYUNI,
S.Pd
NILAI KKM BIDANG
STUDI IPS KELAS VII
TAHUN PELAJARAN
2012 / 2013
Semester
|
Standar
kompetensi
|
Rata-rata
|
1
|
1.
Memahami lingkungan kehidupan manusia
|
65,83
|
2.
Memahami kehidupan sosial manusia
|
68,74
|
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
66,67
|
|
2
|
4.
Memahami usaha manusia untuk mengenali
perkembangan lingkungannya
|
65,42
|
5.
Memahami perkembangan masyarakat sejak masa
hindu-budha sampai masa kolonial Eropa
|
62,23
|
|
6.
Memahami kegiatan masyarakat.
|
69,16
|
|
Rata-rata
|
66,34
|
|
Jadi nilai KKM
IPS kelas VII TP 2012/2013 = 66
|
Mengetahui
Bangko
Permata, 2012
Kepala SMPS Budi Jaya-Bangko Guru
Mata Pelajaran
SUDIRMAN, S.Ag MARYUNI,
S.Pd
0 komentar:
Posting Komentar
tulislah komentar yang baik, kalau kritik boleh untuk membangun blog