Saturday, 27 April 2013

QONAAH DAN TASAMUH

QONAAH
1. Pengertian Qanaah

Menurut bahasa qanaah berarti merasa cukup, sedangkan menurut istilah qanaah berati merasa cukup dan menerima atas apa yang telah diberikan Allah swt kepada kita, sehingga  mampu menjauhkan diri dari sikap tamak, dan sikap tidak puas yang berlebihan. 
Qanaah bukan berarti diam berpangku tangan dan bermalas-malasan tidak mau  meningkatkan kesejahteraan hidup tapi sesungguhnya orang yang qanaah adalah orang yang  sangat kuat dan bersahaja, dia giat berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan yang dicitacitakan. Namun apabila menemui kegagalan dia tidak pernah berpuus asa dan kecewa,  bahkan ia selalu sabar dan husnuzhan dengan keputusan Allah, karena dia punya keyakinan  bahwa dibalik semua peristiwa dalam hidup pasti ada hikmahnya. Dan beruntunglah orang-orang yang selalu merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya. 

2.  Dalil naqli tentang qonaah



 وَ لَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَ الْجُوْعِ وَ نَقْصٍ مِّنَ الْأَمَوَالِ وَ الْأنْفُسِ وَ الثَّمَرَاتِ وَ بَشِّرِ        
الصَّابِرِيْنَ

    Artinya : Dan sesunguhnya akan kami berikan cobaan  kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta jiwa, dan buah-buahan . Dan berkanlah berita gembera kepada orang-orang yang sabar.”( QS Al Baqarah 155 )

3.  fungsi qonaah

fungsi qonaah adalah sebagai stabilitator dan dinamitator hidup seorang muslim, disamping sebagai stabilisator qonaah juga berfungsi sebagai dinamisator (kekuatan batin yang mendorong seseorang untuk meraih kemanangan hidup berdasarkan kemandirian dengan tetap bergantung kepada karunia Allah SWT )

4.  Contoh prilaku qonaah dalam kehidupan sehari-hari
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRphTjxzroKrNtC0o8-dL9Y7g2rUKpNu1fe0S0HptG_MYQCzQWA2Q  http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRYXxmCqjLGztS81CdlG1nr3F0nwvdMpbj50oCN17yAMRyT_Li6zA
a.   Giat bekerja dan berusaha untuk mencapai hasil terbaik
b.  Jika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan, tidak mudah kecewa dan  berputus asa
c.   Selalu bersyukur atas apa yang menjadi hasil usahanya, dan tidak pernah merasa iri atas keberhasilan yang diperoleh orang lain
d.  Hidupnya sederhana dan menyesuaikan diri dengan keadaan, tidak rakus dan tidak tamak
e.   Selalu yakin bahwa apa yang didapatnya dan yang ada pada dirinya merupakan anugerah dari Allah swt.

TASAMUH
1.  Pengertian Tasamuh
Menurut bahasa tasamuh berarti toleransi atau tenggang rasa, sedangkan menurut istilah tasamuh adalah sifat dan sikap tenggang rasa atau saling menghargai antar sesama manusia, walaupun pendirian atau pendapatnya berbeda (bertentangan) dengan pendiriannya sendiri. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan pernah bisa untuk tidak membutuhkan orang lain, semua manusia tentu saling membutuhkan. Oleh karena itu antara satu manusia dengan manusia yang lainnya harus saling memperhatikan dan saling  tolong menolong dalam kebajikan dan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari aspek sosial, ekonomi, budaya, kemasyarakatan dan aspek kehidupan kemanusiaan lainya.

2.  Dalil naqli tentang tasamuh

49:13

                        Al Qur’an Surat Al Hujrat ayat 13

Artinya : Hai manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya oaring yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah . Ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,”(QS Al Hujrat 13)

3.  Fungsi tasamuh

Norma agama mengajarkan kepada manusia untuk berbuat  kebajikan kepada sesama karena manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki harkat dan martabat yang sama, serta memiliki akaldan budi mulia. Dengan akal dan budinya,manusia wajib menjalin hubungan yang baikdengan lingkungan sekitarnya dan bersikap saling menghorati dan saling mengasihi sesamanya. Setiap manusia dikaruniai hak-hak asasi yang harus dihormati leh orang lainsehinga toleransi berfungsi sebagai pengikat persatuan dan kerukunan

4.  Contoh prilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTMpCOJVxp0TEdZC3Q04x1OeCpC8hm5xrKH8ZxKonKFvyQ3Yimt4xqrIA

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRfIoUZDggVZvFYUoZ8EzZfvIHjv8rOD1_1DFD09fhXl7yUK7Ps
a.   Meghormati pelaksanaan ibadah pemeluk agama lain
b.  Tidak mencela atau memaki sesembahan pemeluk agama lain
c.   Saling membantu dalam bidang  kemasyarakatan
d.  Lapang dada dalam menerima setiap perbedaan, dan tidak memaksaan kehendaknya sendiri
e.   Selalu menjaga ketenangan dan ketentraman di masyarakat,  dan selalu menciptakan

0 komentar:

Post a Comment

tulislah komentar yang baik, kalau kritik boleh untuk membangun blog

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites